Gaung Universitas Sebelas April (UNSAP) memang sudah terdengar dari beberapa tahun yang lalu ketika belum resmi menjadi universitas. Oleh karena itu, eksistensi UNSAP memang sudah tidak diragukan lagi dan sampai akhirnya pembentukan universitas di bawah pengelolaan YPSA Sumedang dapat terwujud pada tahun 2021. Dengan filosofinya yang luar biasa dan penuh perjuangan dengan keterlibatan beberapa tokoh akademis dan pemerintahan yang sangat luar biasa, UNSAP berdiri dengan kokoh sampai saat ini. Dan dengan umur yang masih relatif muda namun berisi, UNSAP menginjak tahun pertama di tahun 2022. Namun, walaupun baru menginjak tahun pertama, UNSAP mampu bersaing dengan universitas-universitas lainnya.

 

Peringatan Dies Natalis ke-1 UNSAP dimeriahkan dalam waktu 4 hari berturut-turut dengan tema Maju Bersama UNSAP. Dengan tema ini diharapkan UNSAP dapat memacu diri dalam mewujudkan visi yang dicanangkan,  menjadi perguruan tinggi yang profesional dan kompetitif,  serta menjadi rujukan dalam  penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi tanpa menghilangkan tradisi yang sudah ada.

 

Kegiatan dimulai pada tanggal 10 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 13 Agustus 2022 yang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik. Salah satu kegiatan yang menjadi daya tarik di hari pertama peringatan, yaitu Lomba Kaulinan Baheula.  Sorak-sorai dukungan penonton dari setiap fakultas ikut serta meramaikan jalannya perlombaan, sehingga kegiatan perlombaan berlangsung dengan lancar. Perlombaan ini bertujuan untuk melestarikan permainan zaman dulu yang sudah jarang ditemui sekaligus menambah semangat kemerdekaan di bulan kemerdekaan Indonesia.

 

Selain Lomba Kaulinan Baheula di hari pertama peringatan Dies Natalis ke-1 UNSAP juga dimeriahkan dengan kegiatan senam dan gerak jalan santai, pameran UKM/UMKM, dan pertunjukan kreasi seni yang mendapatkan antusias dari seluruh civitas akademika Universitas Sebelas April Sumedang. 

 

Ada yang tak kalah menarik, di sela-sela serangkaian acara Dies Natalis UNSAP ke-1 pada rabu (10/08) puluhan hadiah hiburan diundi secara acak. Hal itu, menjadi daya tarik tersendiri untuk mengikuti rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir. Kegiatan Dies Natalis hari pertama ditutup oleh pengumuman juara perlombaan Kaulinan Baheula dan akan dilanjutkan dengan berbagai macam kegiatan menarik lainnya pada tanggal 11 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 13 Agustus 2022.

Source : UKM RISET dan DEDIKASI