FAKULTAS ILMU BUDAYA UNSAP BERPERAN SERTA DALAM KEGIATAN YOUTH TALK

FAKULTAS ILMU BUDAYA UNSAP BERPERAN SERTA DALAM

KEGIATAN YOUTH TALK 

“Dialogue with youths from China and Other ASEAN Countries”

Kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas public speaking Bahasa Inggris mahasiswa Prodi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya UNSAP telah selesai dilaksanakan pada Sabtu 13 November 2021. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting ini dihadiri tidak kurang dari 155 peserta yang merupakan mahasiswa yang berasal dari beberapa negara ASEAN seperti China, Indonesia, Vietnam dan Filiphina.

Kegiatan Youth Talk dengan tema my home town dan my countries tradition ini dilaksanakan berkolaborasi dengan Go Study Global Education China. Masing masing negara mewakilkan tiga mahasiswa untuk mempresentasikan budaya dan tradisi dari negara masing-masing. 

Prodi sastra Inggris FIB UNSAP sekaligus mewakili Indonesia menampilkan tiga presentasi mahasiswa mengenai budaya sumedang dan sekitarnya. Ketiga presentasi tersebut mengenai tahu sumedang, seni kuda renggong dan tari sintren dari Indramayu. Para mahasiswa cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan aktifnya diskusi dengan tanya jawab baik secara langsung maupun melalui kolom komentar chat zoom meeting mengenai berbagai budaya yang ditampilkan. Tidak sedikit para peserta mahasiswa dari negara lain yang ingin merasakan bagaimana enaknya tahu sumedang dan juga tertarik untuk melihat pertunjukan seni kuda renggong.  Kegiatan ini juga di dampingi oleh Ketua Prodi Sastra Inggris sebagai mentor, para wakil dekan FIB dan beberapa dosen dari FIB UNSAP. 

Kegiatan ini tentu memberikan banyak manfaat bagi keluarga besar UNSAP. Secara kelembagaan kegiatan ini telah memperkenalkan UNSAP dalam bentuk kerjasama lintas negara. Dalam skup internal terkait dharma pendidikan, kegiatan ini telah memberikan motivasi dan meningkatkan kemampuan public speaking Bahasa Inggris mahasiswa dalam konteks lintas negara dan lintas budaya. Kegiatan ini direncanakan akan di tindak lanjuti secara kolaboratif dan partisipatif dengan Go Study Global Education dalam berbagai bentuk kegiatan baik akademik dan non akademik sehingga dapat berdampak positif lebih luas lagi.

Kontributor: FIB Sebelas April

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X